LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM
SEJARAH
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Bidang Studi
Dosen Pengampu Dr. Suranto, M.Pd
Oleh
Nuzulul Khoirunnisa’ (120210302103)
Kelas B
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
SEJARAH
JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2014
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran :
Sejarah Indonesia
Kelas/Semester : X/II
Pertemuan :
1 (satu)
Materi Pokok / Topik :
Berbagai Teori Proses Masuknya Agama Islam di
Indonesia
Alokasi Waktu : 2 X 45
menit (2 JP)
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.
Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan
nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap
bangsa dan negara Indonesia.
2.3.
Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk
meraih kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.7.
Menganalisis berbagai proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam
di Indonesia
3.7.1.
Menganalisis berbagai teori proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan
Islam di Indonesia
3.7.2 Menganalisis perkembangan
agama Islam di Indonesia
3.7.3 Menganalisis kebudayaan
agama Islam di Indonesia
4.7. Menulis sejarah
tentang berbagai teori proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan
Islam di Indonesia
4.7.1.
Menyusun Karya tulis sejarah yang berjudul “Berbagai Teori Proses Masuknya
Islam di Indonesia ”
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan
memperhatikan tayangan gambar dan membaca buku, siswa dapat memahami apa saja
teori-teori masuknya Islam di Indonesia
2. Melalui
Diskusi, siswa dapat menganalisis tentang perkembangan Islam di Indonesia
3. Melalui
Diskusi dan kerja kelompok, siswa dapat menjelaskan tentang kebudayaan Islam di
Indonesia
4. Melalui
Diskusi dan kerja kelompok, siswa dapat menyusun karya tulis tentang “Berbagai
Teori Proses Masuknya Islam di Indonesia”
D. Materi Pembelajaran
1. Teori-teori
proses masuknya Islam di Indonesia
2. Perkembangan
Islam di Indonesia
3. Kebudayaan
Islam di Indonesia
4. Sistematika
tulisan tentang berbagai teori proses masuknya Islam di Indonesia
E. Model Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model Pembelajaran : Problem Based Learning (Pembelajaran
Berbasis Masalah)
dengan langkah-langkah
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Pembelajaran ini secara umum dibagi dalam tiga
tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru
meminta salah seorang siswa untuk memimpin do’a
2. Guru
bersama siswa mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar
mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan
alat serta buku yang diperlukan
3. Guru
menyampaikan topic pembelajaran dan tujuan serta kompetensi yang perlu dimiliki
siswa
Dalam pembelajaran kali ini topic pembelajarannya
mengenai “Berbagai Teori Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan
Islam di Indonesia”
4. Guru
membagi kelas menjadi 3 kelompok (kelompok 1, kelompok 2, kelompok 3)
Kegiatan Inti
1. Siswa
sudah berada dikelompok masing-masing
2. Guru
menunjukkan contoh gambar yang ditengarai sebagai bukti masuknya Islam di
Indonesia
3. Siswa
diminta untuk mengamati secara cermat gambar yang ditengarai sebagai bukti
masuknya Islam di Indonesia kemudian diperbolehkan untuk bertanya
4. Guru
memberi komentar terkait dengan berbagai pertanyaan yang muncul dari
siswa. Guru menegaskan kembali tentang
pentingnya mempelajari topic ini sebagai bagian dari pemahaman Islam lebih luas
lagi
5. Guru
kemudian menjelaskan cara kerja masing-masing kelompok. Kegiatan pembelajaran ini menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Pertama, setiap kelompok harus merumuskan
masalah sesuai dengan materi masing-masing.
Kemudian mendeskripsikan masalah dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang
akan dijawab sesuai materi masing-masing.
Masing-masing kelompok juga diminta merumuskan hipotesis. Kemudian dilakukan analisis untuk memecahkan
masalah yang telah dirumuskan.
Misalnya kelompok 1 membahas mengenai teori-teori
masuknya Islam di Indonesia, kelompok 2 membahas mengenai perkembangan Islam di
Indonesia dan kelompok 3 membahas mengenai kebudayaan Islam di Indonesia. Dari masing-masing kelompok tersebut
merumuskan masalah sesuai dengan materi masing-masing kelompok yang telah
diberikan guru diatas dan mendeskripsikan masalah tersebut dengan membuat
pertanyaan yang akan didiskusikan, dijawab dan dipecahkan oleh kelompoknya
sendiri. Setelah diskusi dan mendapatkan
jawaban, barulah masing-masing kelompok tersebut merumuskan hipotesis dari
jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kelompoknya sendiri tersebut
6. Masing-masing
kelompok dapat mengerjakan tugas tersebut dikelas, perpustakaan serta
menggunakan fasilitas laboratorium multimedia (internet)
7. Setelah
selesai tugas yang diberikan guru, barulah masing-masing kelompok kembali ke
kelas untuk mempresentasikan hasil rumusannya
Kegiatan Penutup
1. Guru
memberikan ulasan singkat tentang materi mengenai “Berbagai Teori Proses Masuk
dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia yang telah
didiskusikan oleh masing-masing kelompok siswa diatas
2. Kemudian
guru menanyakan apakah siswa sudah benar-benar memahami materi mengenai
“Berbagai Teori Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di
Indonesia”
3. Guru
memberikan pertanyaan lisan secara acak kepada peserta didik untuk memberikan
umpan balik atas pembelajaran yang baru saja berlangsung. Misalnya bagaimana peran pedagang pada saat
masuknya Islam di Indonesia saat itu? Apa saja bukti masuknya Islam di
Indonesia berdasarkan pada teori Gujarat? Dll
4. Sebagai
refleksi, guru bersama siswa menyimpulkan tentang pelajaran mengenai “Berbagai
Teori Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia”
diatas serta menanyakannya kepada siswa apa manfaat yang diperoleh setelah
mempelajari materi mengenai “Berbagai Teori Proses Masuk dan Berkembangnya Agama
dan Kebudayaan Islam di Indonesia”
5. Terakhir,
guru menugaskan kepada siswa untuk tidak lupa membuat karya tulis mengenai
“Berbagai Teori Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di
Indonesia” yang tadi telah dibahas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar