Rabu, 17 Desember 2014

TUGAS STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BIDANG STUDI "LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM SEJARAH"






 

 


 LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM SEJARAH

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Bidang Studi
Dosen Pengampu Dr. Suranto, M.Pd



Oleh
Nuzulul Khoirunnisa’ (120210302103)
Kelas B



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2014


Satuan Pendidikan                  : SMA
Mata Pelajaran                        : Sejarah Indonesia
Kelas/Semester                        : X/II
Pertemuan                               : 1 (satu)
Materi Pokok / Topik              : Berbagai Teori Proses Masuknya Agama Islam di
Indonesia
Alokasi Waktu                        : 2 X 45 menit (2 JP)
           
A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1. Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara Indonesia.
2.3. Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk meraih kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.7. Menganalisis berbagai proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia
3.7.1. Menganalisis berbagai teori proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia
3.7.2 Menganalisis perkembangan agama Islam di Indonesia
3.7.3 Menganalisis kebudayaan agama Islam di Indonesia
4.7. Menulis sejarah tentang berbagai teori proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia
4.7.1. Menyusun Karya tulis sejarah yang berjudul “Berbagai Teori Proses Masuknya Islam di Indonesia ”

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan memperhatikan tayangan gambar dan membaca buku, siswa dapat memahami apa saja teori-teori masuknya Islam di Indonesia
2.      Melalui Diskusi, siswa dapat menganalisis tentang perkembangan Islam di Indonesia
3.      Melalui Diskusi dan kerja kelompok, siswa dapat menjelaskan tentang kebudayaan Islam di Indonesia
4.      Melalui Diskusi dan kerja kelompok, siswa dapat menyusun karya tulis tentang “Berbagai Teori Proses Masuknya Islam di Indonesia”

D.    Materi Pembelajaran
1.      Teori-teori proses masuknya Islam di Indonesia
2.      Perkembangan Islam di Indonesia
3.      Kebudayaan Islam di Indonesia
4.      Sistematika tulisan tentang berbagai teori proses masuknya Islam di Indonesia

E.     Model Pembelajaran
Pendekatan                       : Saintifik
Model Pembelajaran         : Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)
dengan langkah-langkah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan
F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pembelajaran ini secara umum dibagi dalam tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin do’a
2.      Guru bersama siswa mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan
3.      Guru menyampaikan topic pembelajaran dan tujuan serta kompetensi yang perlu dimiliki siswa
Dalam pembelajaran kali ini topic pembelajarannya mengenai “Berbagai Teori Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia”
4.      Guru membagi kelas menjadi 3 kelompok (kelompok 1, kelompok 2, kelompok 3)
Kegiatan Inti
1.      Siswa sudah berada dikelompok masing-masing
2.      Guru menunjukkan contoh gambar yang ditengarai sebagai bukti masuknya Islam di Indonesia
3.      Siswa diminta untuk mengamati secara cermat gambar yang ditengarai sebagai bukti masuknya Islam di Indonesia kemudian diperbolehkan untuk bertanya
4.      Guru memberi komentar terkait dengan berbagai pertanyaan yang muncul dari siswa.  Guru menegaskan kembali tentang pentingnya mempelajari topic ini sebagai bagian dari pemahaman Islam lebih luas lagi
5.      Guru kemudian menjelaskan cara kerja masing-masing kelompok.  Kegiatan pembelajaran ini menggunakan  pembelajaran berbasis masalah.  Pertama, setiap kelompok harus merumuskan masalah sesuai dengan materi masing-masing.  Kemudian mendeskripsikan masalah dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab sesuai materi masing-masing.  Masing-masing kelompok juga diminta merumuskan hipotesis.  Kemudian dilakukan analisis untuk memecahkan masalah yang telah dirumuskan.
Misalnya kelompok 1 membahas mengenai teori-teori masuknya Islam di Indonesia, kelompok 2 membahas mengenai perkembangan Islam di Indonesia dan kelompok 3 membahas mengenai kebudayaan Islam di Indonesia.  Dari masing-masing kelompok tersebut merumuskan masalah sesuai dengan materi masing-masing kelompok yang telah diberikan guru diatas dan mendeskripsikan masalah tersebut dengan membuat pertanyaan yang akan didiskusikan, dijawab dan dipecahkan oleh kelompoknya sendiri.  Setelah diskusi dan mendapatkan jawaban, barulah masing-masing kelompok tersebut merumuskan hipotesis dari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kelompoknya sendiri tersebut
6.      Masing-masing kelompok dapat mengerjakan tugas tersebut dikelas, perpustakaan serta menggunakan fasilitas laboratorium multimedia (internet)
7.      Setelah selesai tugas yang diberikan guru, barulah masing-masing kelompok kembali ke kelas untuk mempresentasikan hasil rumusannya
Kegiatan Penutup
1.      Guru memberikan ulasan singkat tentang materi mengenai “Berbagai Teori Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia yang telah didiskusikan oleh masing-masing kelompok siswa diatas
2.      Kemudian guru menanyakan apakah siswa sudah benar-benar memahami materi mengenai “Berbagai Teori Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia”
3.      Guru memberikan pertanyaan lisan secara acak kepada peserta didik untuk memberikan umpan balik atas pembelajaran yang baru saja berlangsung.  Misalnya bagaimana peran pedagang pada saat masuknya Islam di Indonesia saat itu? Apa saja bukti masuknya Islam di Indonesia berdasarkan pada teori Gujarat? Dll
4.      Sebagai refleksi, guru bersama siswa menyimpulkan tentang pelajaran mengenai “Berbagai Teori Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia” diatas serta menanyakannya kepada siswa apa manfaat yang diperoleh setelah mempelajari materi mengenai “Berbagai Teori Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia”
5.      Terakhir, guru menugaskan kepada siswa untuk tidak lupa membuat karya tulis mengenai “Berbagai Teori Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia” yang tadi telah dibahas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar